Rabu, Mei 27, 2009

Sambutan atas Laporan Penelitian Sejarah Kaimana Tahap I


SAMBUTAN
KEPALA DINAS PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA
KABUPATEN KAIMANA

Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Puji Syukur kehadirat Allah SWT karena atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya Tim Sejarah Kaimana dapat menyelesaikan Tahap I Penelitian Sejarah Kaimana tahun 2008.
Perubahan yang radikal terhadap aspek sosial ekonomi dan politik masyarakat di Kaimana, telah menyebabkan terkikisnya masayarakat di daerah ini dari akar sejarah dan budayanya. Kondisi ini terus diperburuk dengan hilangnya catatan-catatan tentang sejarah budaya yang merupakan identitas atau jati diri mereka. Tantangan ke depan adalah apakah generesi penerus kita akan dapat mengenal identitas kultural mereka?

Saya menyambut baik hasil yang telah diperoleh pada Tahap I Penelitian Sejarah Kaimana yang dilakuakn oleh Pusat Penelitian Politik (P2P) LIPI Jakarta. Penelitian ini tentu akan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan daerah Kaimana. Saya berharap hasil penelitian ini dapat menjadi semacam “buku putih” atau menjadi sumber rujukan sejarah masyarat Kaimana dalam berbagai aspek kehidupan. Saya juga berharap hasil penelitian ini kiranya tidak menjadi alat bagi kelompok-kelompok masyarakat untuk saling menghakimi tetapi lebih diharapkan hasil penelitian ini akan menjadi alat untuk menerima fakta sejarah dan kenyataan masa lalu serta mengambil hikmah atau semangatnya bagi membangaun generasi Kaimana yang lebih solid dan bermartabat di masa yang akan datang.


Oleh karena itu, mari kita berikan dukungan yang baik kepada Tim LIPI agar dapat menyelesaikan penelitian ini secara obyektif dan ilkmiah. Akhirnya kepada semua pihak yang telah membantu Tim Sejarah Kaimana dalam upaya merajut “benang-benang” sejarah Kaimana dalam konteks perkembangan masyarakat Papua dan bangsa Indonesia, atas nama pribadi maupun jabatan, saya ucapkan terima kasih.

Semoga Allah SWT selalu menolong kita dalam segala tugas kita.

Wassalam,

Kaimana, Desember 2009

Kepala Dinas Pendidikan, Kebudayaan
dan Pariwisata Kabupaten Kaimana,



Drs. MUH. SALEH INAN

Tidak ada komentar:

Eco-tourism Blogs - BlogCatalog Blog Directory